Wednesday 15 June 2016

Pengertian dan Contoh Menyublim pada kehidupan sehari-hari

Pengertian dan Contoh Menyublim pada kehidupan sehari-hari

Peristiwa unik yang terjadi di alam ini salah satunya ialah perubahan wujud zat, dari cair, gas maupun padatan. Perubahan yang jarang sekali kita amati ialah peristiwa menyublim. Maka kali ini aku akan menjelaskan tentang pengertian serta contoh menyublim  menyublim ini juga merupakan reaksi kimia berikut penjelasannya :

Pengertian Menyublim

Menyublim ialah peristiwa perubahan wujud zat dari padatan menjadi gas tanpa melalui fasa cairan. Hal ini dapat terjadi karena zat dapat menyerap energi dengan sangat cepat.

6 Contoh Menyublim

Banyak sekali yang sudah menyebutkan contoh menyublim yaitu kapur barus, kali ini aku paparkan beberapa contoh menyublim selain kapur barus. Berikut ini merupakan contoh-contoh peristiwa menyublim yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari:

1. Es Kering (Dry Ice)

Es Kering merupakan gas CO2 yang dibekukan sehingga menjadi padatan es. Pada temperatur ruang, es ini akan menguap membentuk gas CO2 yang sering digunakan sebagai efek dalam panggung pertunjukan dan film-film.

2. Kapur Barus

Kapur barus dibuat dari senyawa Naftalena dan Para-dichloro benzena yang dapat berwujud gas pada tekanan normal dan temperatur ruang. Seperti yang sering kita lihat, jika kita mengeluarkan kapur barus dan membiarkannya pada di tekanan dan temperatur ruang, maka kapur barus akan berkurang massanya dan mengecil, ini dikarenakan terjadi perubahan dari padatan menjadi gas tanpa melalui cairan.


3. Salju

  kristal salju juga merupakan wujud kristal padatan pada air. Kristal ini memiliki permukaan yang sangat tipis, karena tipisnya itu maka ketika terkena udara, kristal akan menjadi uap air tanpa melalui proses mencair.

4. Es

Ketika kamu mengeluarkan es dari dalam kulkas kemudian mendiamkannya di luar selama beberapa saat, kamu pasti pernah melihat adanya uap air (dalam bentuk asap putih) yang keluar. Itu merupakan peristiwa menyublim

5. Padatan Arsenik

Padatan Arsenik dapat menyublim ketika dipanaskan. Dari wujud padatannya, Arsenik akan langsung membentuk gas arsenik yang juga dapat mebunuh makhluk hidup tanpa membentuk cairan (meleleh).

6. Padatan Iodine

Ketika dipanaskan, padatan iodine akan langsung menyublim menjadi gas iodine yang berwarna ungu.



lihat juga: berita olahraga di dunia http://avaschampion.blogspot.co.id/
                   aneh-anehnya dunia http://avasdunia.blogspot.co.id/
                   koleksi film terbaik http://avasfilm.blogspot.co.id/
                   analisis penjelasan kimia http://avaskimia.blogspot.co.id/
                   koleksi budaya dunia http://avasbudaya.blogspot.co.id/
 

No comments:

Post a Comment